Sale!

Kopi Arabika

Rp45.000Rp75.000

Kopi arabika merupakan jenis kopi terbaik. Kopi ini menjadi satu-satunya kopi yang merajai pasar kopi di dunia.

Single Origin: Kudus
Proses: Natural
Roasting: Medium
Taste: Caramel, medium acid, clean after taste

Clear
SKU: N/A Category:

Kopi arabika enak dan berkualitas dari supplier kopi ternama. Diskon 20% untuk setiap pembelian kopi di Prima Java. Kopi kami dipanen langsung dari salah satu perkebunan kopi terbaik sepulau Jawa.

Prima Java merupakan supplier kopi asal provinsi Jawa Tengah, tepatnya di kota Kudus. Kota ini terkenal dengan gunungnya yang bernama gunung Muria.

Gunung Muria memiliki ketinggian 1625 mdpl. Ketinggian tersebut menjadikan gunung Muria sebagai tempat yang tepat untuk ditanami kopi.

Tahun 1825 wilayah gunung Muria sudah menjadi perkebunan kopi di pulau Jawa. Luasnya diperkirakan mencapai 452 hektare. Perkebunan ini diproyeksikan dapat menghasilkan kopi sebanyak 1,5-2 ton kopi setiap hektarenya.

Kopi arabika merupakan salah satu kopi yang ditanam di perkebunan ini. Kopi arabika dipilih karena kualitas kopinya yang sangat tinggi. Ini merupakan jenis kopi yang banyak diakui sebagai kopi ternikmat di dunia.

Tidak heran jika kopi arabica selalu menduduki peringkat pertama sebagai kopi yang paling banyak ditransaksikan di dunia. Satu-satunya kopi yang mendapat julukan merlotnya kopi ini mampu menghipnotis para penikmatnya.

Kopi arabica memiliki kandungan gula yang lebih banyak dan tingkat keasaman yang lebih tinggi. Sehingga, cita rasa kopinya cenderung lebih manis dan asam.

Tingkat kekentalan (body) kopi ini terkenal ringan. Sedangkan aromanya seperti caramel, terutama jika dimasak sampai ke tingkat medium roast.

Terakhir, kadar kafein kopi arabica hanya berkisar 0,8-1,4%. Kadar ini bahkan dua kali lebih rendah dari kadar kafein kopi robusta.

Inilah hal-hal yang menjadikan kopi arabica mudah diterima oleh semua kalangan. Mulai dari pemula hingga para pecinta kopi pasti akan menyukai kopi ini.

Jika kita lihat dari sejarahnya, kopi arabika merupakan kopi pertama yang ditemukan. Carl Linnaeus adalah seorang ilmuan asal Swedia yang menemukan kopi ini di tahun 1753.

Kabarnya kopi arabica berasal dari daerah Ethiopia. Kemudian dipopulerkan oleh para pedagang arab ke Yaman. Setelah itu kenikmatan kopi ini mulai menyebar ke seluruh dunia. Itulah kenapa kopi ini dijuluki sebagai kopi arabika.

ciri kopi arabika

Pohon Kopi Arabika

Tanaman kopi arabika merupakan tanaman dataran tinggi. Tanaman ini hanya bisa tumbuh pada ketinggian 700 – 1700 mdpl. Suhu udara yang dibutuhkan antara 16 – 20°C.

Tanaman ini akan mudah terserang penyakit karat daun, jika ditanam di ketinggian kurang dari 700 mdpl. Suhu udara juga sangat berperan penting dalam pertumbuhan tanaman arabika.

Pertumbuhan tanaman menjadi terlalu cepat jika suhu udara sekitar terlalu panas. Ini akan mengakibatkan tanaman arabika menjadi terlalu cepat berbunga.

Kalo kita tanam di suhu yang terlalu rendah, pertumbuhannya akan melambat. Dampaknya buah yang dihasilkan justru tidak optimal. Ini karena banyak cabang sekunder dan tersier yang menghalangi pertumbuhan ceri kopinya.

Meskipun sudah ditanam di tempat yang ideal, tanaman arabika masih bisa terserang penyakit karat daun. Perawatan tanaman arabika terkenal cukup sulit. Hal ini menyebabkan pasokan kopi arabika di Indonesia menjadi sedikit.

Tidak semua petani berani menanam tanaman ini mengingat resikonya cukup besar. Jadi, wajar saja jika harga kopinya juga tidak murah.

Di Indonesia ada enam varietas tanaman kopi arabika yang terkenal berkualitas bagus. Tanaman tersebut antara lain arabika typica, hybrido de timor (HDT), arabika linie s, linie ethiopia, catura cultivars, dan lini catimor.

  • Arabika Typica

Ini merupakan varietas kopi arabica yang pertama kali masuk ke Indonesia. Sayangnya kita sudah tidak bisa menemukan varietas ini lagi.

Varietas arabika typica sudah punah ketika terjadi wabah karat daun di era kolonial Belanda dulu. Para penjajah Belanda jugalah yang memasukkan kopi ini ke Indonesia.

  • Hybrido De Timor (HDT)

Varietas kopi ini berasal dari Timor Timur (sekarang Timor Leste). Tanaman ini merupakan tanaman hasil persilangan antara arabika dengan robusta. Perkawinan silang antar tanaman tersebut terjadi secara alami.

Varietas ini juga dikenal dengan nama TimTim. Ada pula yang menyebutnya dengan nama “Chuaria”. Kualitas tanamannya terkenal bagus.

TimTim pertama kali dipanen di Timor Timur pada tahun 1978. Varietas tanaman ini pertama kali masuk Indonesia di tahun 1980.

  • Arabika Linie S

Varietas kopi yang berasal dari tanah India. Di Indonesia kita mengenal dua varietas linie s yakni S-288 dan S-795. Varietas ini termasuk yang paling banyak digunakan di Indonesia.

  • Linie Ethiopia

Ini merupakan varietas kopi arabica yang kita kenal dari tahun 1928. Pada saat itu pulau Jawa merupakan daerah yang pertama kali ditanami varietas ini.

Beberapa daerah juga berhasil mengembangkan varietas linie ethiopia ini. Daerah tersebut antara lain Aceh, Flores, dan Sumatera.

Hasil pengembangan di Flores dan Sumatera dikenal dengan nama USDA. Nama ini diambil dari nama departemen pertanian milik Amerika Serikat.

Pada tahun 1950 United States Departement of Agriculture (USDA) sedang melakukan penelitian di kedua daerah tersebut.

Selain itu, ada juga hasil pengembangan lain dari linie ethiopia seperti Rambung dan Abyssinia.

  • Catura Cultivars

Catura cultivars merupakan varietas kopi hibrida seperti TimTim. Varietas ini terbentuk dari persilangan bourbon dari Brazil dengan kopi arabica.

  • Lini Catimor

Banyak pihak yang mengatakan bahwa kualitas lini catimor kurang bagus. Ini juga merupakan varietas hasil persilangan antara arabika dengan robusta.

Tapi, entah kenapa varietas ini bisa menghasilkan kopi yang terkenal di Aceh. Kopi hasil varietas arabika lini catimor ini kita kenal dengan nama Ateng Jaluk.

manfaat kopi arabika

Manfaat Kopi Arabika

Selain nikmat, kopi arabika ternyata memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh kita. Berikut ini manfaat kopi arabika yang baik untuk kesehatan.

  • Meningkatkan Kinerja

Kandungan kafein kopi arabica dipercaya dapat meningkatkan performa kerja. Kafein diperlukan oleh otak untuk menambah konsentrasi dan tingkat kesadaran seseorang. Kandungan ini membuat pikiran dan tubuh tetap terjaga.

  • Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Sebuah studi menunjukkan bahwa asupan kafein dalam jangka panjang berdampak positif pada kemampuan kognitif seseorang. Hal ini tentunya harus dilakukan dengan dosis tertentu.

Kemampuan kognitif secara sederhana ialah kemampuan untuk mengingat, berpikir, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan.

Di usia 40 tahun, kemampuan kognitif seseorang akan mulai menurun. Penurunan ini dapat dicegah dengan kafein. Kafein bisa dengan mudah kita dapatkan dari mengonsumsi kopi.

Kafein juga dikenal dapat merangsang aktivitas motorik seseorang.

  • Menyehatkan Jantung

Studi mengatakan kebiasaan meminum kopi dapat menurunkan resiko serangan jantung sebesar 8%, stroke 7%, dan penyakit jantung koroner sebesar 5%, dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya.

Perlu diingat, terlalu banyak kopi dapat meningkatkan kadar kafein yang diserap tubuh. Hal ini dapat meningkatkan hormon epinefrin yang bisa meningkatkan tekanan darah dan aktivitas jantung.

Sedangkan jika dikonsumsi dalam jumlah sedikit, akan berfungsi sebagai pelatih aerobik internal dalam tubuh.

  • Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan kopi dapat mengurangi resiko penyakit kanker. Beberapa di antaranya yaitu kanker kanker mulut, tenggorokan, prostat, kanker hati, dan kanker endometrium.

  • Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal terbentuk karena pengendapan mineral di dalam ginjal. Minum 3-5 cangkir kopi sehari dipercaya bisa mengurangi resiko munculnya batu ginjal. Ini karena kandungan kafein pada kopi memicu kontraksi ginjal. Sehingga penumpukan mineral dapat dicegah.

  • Mencegah Diabetes Tipe 2

Minum 3-5 cangkir kopi per hari dikatakan dapat mengurangi resiko penyakit diabetes tipe 2. Namun berbeda cerita apabila sudah terserang penyakit diabetes. Penderita diabetes dikabarkan tidak boleh meminum kopi. Hal ini karena kandungan kafeinnya dapat  meningkatkan kadar gula dalam darah.

Itulah beberapa manfaat kopi arabica yang perlu kamu ketahui. Pastikan beli kopi arabika dengan kualitas terbaik cuma di Prima Java.

WhatsApp kami sekarang!

Weight N/A
Kemasan

150gr bubuk, 250gr biji kopi

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Kopi Arabika”

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Order via WhatsApp?